f(x)

Saturday, September 18, 2010


Nova Widianto/Liliyana Natsir gagal maju ke final China Masters Super Series. Unggulan utama, yang merupakan satu-satu harapan Indonesia di turnamen berhadiah 250.000 dollar AS, ini menyerah dua set langsung 11-21, 17-21 dari pemain tuan rumah yang tidak diunggulkan, Xu Chen/Yu Yang, Sabtu (18/9/2010) di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzhou, China.

Kegagalan Nova/Liliyana ini membuat Indonesia nihil gelar di China Masters. Sebaliknya bagi tuan rumah, keberhasilan Xu Chen/Yu Yang membuat mereka memastikan diri menyabet gelar ganda campuran karena semifinal lainnya terjadi duel sesama pemain China, Tao Jiaming (unggulan 7) dan He Hanbin/Ma Jin (8).

Dengan demikian, secara keseluruhan China sudah menyegel dua gelar sebelum memainkan partai final. Selain ganda campuran, "Negeri Tirai Bambu" ini pun telah memastikan diri juara sektor tunggal putra karena terjadi all-Chinese semifinal.

China, raksasa bulu tangkis dunia, juga berpeluang besar menyapu gelar di rumah sendiri. Di sektor ganda putri pun, mereka mengepung unggulan utama dari Taiwan, Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin, yang akan ditantang Bao Yixin/Lu Lu, sedangkan semifinal lainnya terjadi pertarungan antara Wang Xiaoli/Yu Yang (5) vs Cheng Shu/Zhao Yunlei (2). Sedangkan di ganda putra, juara dunia 2009 dan 2010 Cai Yun/Fu Haifeng (5) bertemu pemain Korsel, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (4), di final.

Nova/Liliyana tampil buruk di babak empat besar ini. Unforced errors, termasuk beberapa kesalahan saat melakukan servis, menjadi penyebab utama kegagalan peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008 ini.

Pada set pertama, mereka kalah dengan sangat mudah. Pasangan China langsung membukanya dengan raihan 8 poin secara beruntun, dan tak tersentuh hingga menang 21-11.

Di set kedua, Nova/Liliyana berusaha bangkit. Kesan pertama sangat menjanjikan karena langsung unggul 3-0. Tetapi, kesalahan sendiri yang kerap dilakukan membuat lawan dengan mudah mengejar, bahkan membalikkan situasi ketika mampu menyamakan kedudukan menjadi 8-8. Pasalnya, selepas skor tersebut, Xu Chen/Yu Yang tak terkejar lagi sampai menang 21-17.

No comments:

Post a Comment